Menurut pantauan Tech in Asia Indonesia pada tanggal 23 Januari 2017, startup penyedia layanan online booking untuk tiket pesawat dan kamar hotel Traveloka telah menghadirkan sebuah layanan baru, yaitu pemesanan tiket kereta api. Layanan tersebut kini telah bisa kamu nikmati lewat aplikasi mobile mereka.
Untuk menggunakan layanan tersebut, kamu hanya perlu memilih kategori Tiket Kereta Api (Trains) di halaman utama aplikasi Traveloka. Setelah itu, kamu bisa memilih stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal berangkat, jumlah tiket yang ingin dipesan, serta di kursi mana kamu ingin duduk.
Setelah memilih tiket, kamu bisa mendapatkan tiket elektronik yang nantinya bisa kamu gunakan untuk mencetak boarding pass resmi pada mesin cetak mandiri di stasiun.
Kehadiran layanan ini seperti menambah panjang daftar hal baru yang dihadirkan Traveloka selama beberapa bulan terakhir. Sebelumnya, mereka telah menambahkan dua kategori penerbangan dalam daftar tiket pesawat yang mereka jual, yaitu kategori Business dan Premium Economy.
Selain itu, mereka juga telah meluncurkan layanan pembelian pulsa telepon serta menjual tiket masuk tempat rekreasi dan juga berbagai event. Hal ini seperti menegaskan keinginan Traveloka untuk menjadi aplikasi terlengkap di kategori travel.
Selain Traveloka, sebenarnya telah ada beberapa startup lain yang juga turut menyediakan layanan pembelian tiket kereta api, seperti Tiket, PegiPegi, hingga Tokopedia. Tiket kereta api pun masih bisa kamu beli di situs resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI).
Kira-kira apa strategi Traveloka dalam menarik para pengguna yang gemar melakukan perjalanan dengan kereta api, agar bisa bersaing dengan layanan lain yang telah ada sebelumnya.
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar