Rabu, 19 April 2017

10 PREDIKSI EKOSISTEM STARTUP TEKNOLOGI INDONESIA 2017


Melanjutkan ritual ramalan ekosistem yang saya mulai tahun lalu, kini tiba saatnya saya kembali dengan prediksi yang jauh lebih mutakhir untuk tahun 2017 ini. Secara umum, saya yakin dan percaya tahun ini akan menjadi tahun yang ramai dengan hiruk-pikuk keseruan di ekosistem startup teknologi di tanah air.
Berbeda dengan tahun lalu, kali ini saya akan menghadirkan 10 prediksi yang tidak akan saya pertanggungjawabkan keakuratannya. Tapi berbekal 4 prediksi yang cukup akurat dari 5 prediksi tahun lalu, saya akan kembali melontarkan berbagai penerawangan yang telah mengarungi isi kepala saya selama 3 bulan terakhir.

Sekali lagi, 10 prediksi saya ini adalah tanpa dasar yang jelas, dan juga tidak dilakukan berdasarkan metodologi riset apapun. Semua ini sejatinya hanyalah bermodalkan pengalaman saya membanting tulang selama ini, serta didukung beberapa gosip panas dari para pembisik @startupwati di berbagai penjuru dunia. Silakan terus dibaca dengan risiko yang kalian tanggung sendiri yooo…

1. E-commerce akan terus menghiasi headline berbagai media. Akan ada beberapa nama besar yang mulai kehabisan nafas, hingga mungkin menghembuskan nafas terakhir… Pemain raksasa dari luar akan penetrasi ke Indonesia, mungkin dengan cara mencaplok salah satu nama yang mulai ngos-ngosan itu tadi.

2. Fintech akan meledak-ledak. Sebagian besar akan meledak hingga tewas tanpa sebab yang jelas, mungkin karena ledakan (alias bom) bunuh diri. Beberapa bank akan masuk ranah ini dengan tergopoh-gopoh tanpa visi, yang penting masuk dulu. Digital banking akan menjadi kosakata utama di berbagai papan reklame.

3. Industri transportasi online akan mendapatkan kejutan dengan munculnya pemain baru dengan teknologi yang tidak terbayangkan sebelumnya. Perusahaan konvensional yang jeli akan melihat tanda-tanda ini, dan saya berharap mereka bisa berkolaborasi dengan pemain baru ini. Kata kuncinya mungkin berkaitan dengan “e-logistic” dan “e-distribution”.

4. Travel-tech akhirnya akan mendapatkan tempat yang pantas di panggung startup Indonesia. Dengan dukungan signifikan dari pihak pemerintah, saya melihat sektor pariwisata akan menjadi sektor paling menjanjikan di tahun 2017 ini. Saya sendiri akan melakukan berbagai eksplorasi di sektor ini. Mau ikutan? ðŸ™‚

5. Korporasi besar di bidang consumer goods akan mulai melirik startup. Berbagai kerjasama dan investasi akan mulai dikucurkan. Sektor lifestyle, beauty, dan health akan menjadi sangat menarik untuk diberi perhatian khusus. Jika kamu berniat menjadi angel investor, pantau terus munculnya anak-anak muda kekinian di ranah ini. Yuk!

6. Universitas akan meluncurkan berbagai inkubator lengkap dengan kompetisi di segala lini kehidupan startup. Himpunan mahasiswa juga tidak mau ketinggalan. Ekosistem startup di institusi pendidikan akan mencapai puncak keriuhan di tahun ini. Semoga tidak ada oknum yang memanfaatkan fenomena ini untuk kepentingan pribadi semata. Hmmm…

7. Coworking space akan semakin menjamur. Jumlahnya akan mencapai angka 100 dan menjangkau hingga 20 kota di berbagai pelosok Tanah Air. Pemain lama di dunia properti akan mulai ikutan, di mana sebagian akan bekerjasama dengan pemain baru yang dianggap berpotensi besar.

8. Media-media konvensional akan melakukan berbagai eksperimen dan terobosan demi mempertahankan eksistensi dan dominasi. Beberapa blog kekinian akan menjadi terafiliasi maupun tersedot ke pusaran arus zaman kuno. Advertising akan menjadi business model andalan, namun sebagian akan terhempas karenanya.

9. Civic-tech akan mendapatkan traction dan perhatian khusus dari beberapa pejabat pemerintah yang progresif. Tema smart city akan kembali diusung secara aktif. Beberapa pemain akan menjadikan machine learning sebagai prioritas, sehingga analisa data akan menjadi lebih relevan dan bermanfaat bagi kebijakan publik yang memihak rakyat.

10. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital akan makin mewabah, bukan hanya di 10 kota pertama, tapi akan meluas ke berbagai sudut negeri ini. Berbagai media nasional akan memberikan porsi lebih untuk ikut menyebarkan semangat nasional ini. Akan lahir beberapa pemain baru yang mengecoh perhatian dan mungkin mengguncang percaturan startup nasional.

Akhir kata, saya pribadi sangat excited dengan semua perkembangan startup di tanah air. Saya selalu yakin dan percaya bahwa Indonesia akan menjadi pemain besar di kancah internasional, bukan hanya sekadar produsen, apalagi konsumen. Mari kita semua bekerja keras membangun fondasi yang lebih kuat lagi, demi terwujudnya cita-cita nasional, SEMUA ORANG HARUS BISA MAKAN!

Selamat tahun baru 2017. Salam Indonesia Raya!

4186

Tidak ada komentar:

Posting Komentar