Kamis, 24 November 2016

Bisnis online investasi kekinian yang dilirik anak muda


Online-Lending

Bisnis online, investasi kekinian yang dilirik anak muda


Kemajuan teknologi tentu memberikan dampak besar terhadap perubahan prilaku manusia, tidak terkecuali dalam berbisnis. Tak perlu repot repot ke mall, kini berkat mewabahnya bisnis online banyak tawaran alternatif bagi orang untuk membeli barang.

Dalam dunia investasi pun juga demikian, kecanggihan teknologi juga mempengaruhi model transaksi dari konvesional ke digital. Tidak heran kini banyak pemain baru di dunia investasi dengan sarana digital.
Bisnis online dan dunia investasi tentu tidak bisa dilepaskan. Berkat dari kecanggihan teknologi semua orang kini bisa berbisnis dan berinvestasi dalam satu waktu yang sama.
Misalnya saja anak muda yang sedang mencari bisnis modal kecil namun dengan resiko yang minim. Tidak perlu pusing mencari bisnis online apa yang akan digeluti. Di Amartha.com semua bisa memulai investasi meski dengan keterbatasan dana.
Menggunakan platform peer to peer (P2P) lending, Amartha hadir sebagai jembatan bagi Anda para investor dengan borrower (peminjam).
Cukup bermodal minimal Rp 3 juta, Anda telah menjadi investor bagi para pengusaha UKM di pedesaan. Hal ini tentu turut membantu negara dalam mengembangkan sektor usaha kerakyatan yang menompang ekonomi nasional.
Keuntungan lainnya, dengan berinvestasi di Amartha.com Anda juga akan mendapatkan jaminan keaman terhadap dana investasi yang disalurkan ke UKM.
Karena meski pun mitra Amartha adalah UKM pedesaan, namun Amartha tetap selektif memilih para peminjam berdasarkan hasil penyaringan Field Office Amartha secara manual alis offline.
Dengan menggabungkan cara offline dan online seperti ini berhasil memitigasi tingkat gagal bayar yang dilakukan para peminjam. Tidak heran selama enam tahun berturut-turut belum pernah ada kasus gagal bayar yang dilakukan para mitra Amartha.
Tanggung Renteng Modal Amartha Menekan Gagal Bayar
Prestasi Amartha menekan gagal bayar hingga 0 persen selama enam tahun berturut-turt tidak lepas dari penerapan Group Lending kepada para anggota.
Cara kerja Group Lending mewajibkan calon peminjam untuk membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari 15 orang atau lebih dalam satu domisili yang sama. Sehingga bila ada anggota yang tidak bisa melakukan pembayaran kredit pinjaman maka anggota lain wajib melakukan tanggung renteng atau patungan.
Maka wajar bila bisnis online seperti dilakukan Amartha termasuk ke dalam bisnis modal kecil yang menguntungkan bagi para investor baik pemula mau pun yang sudah profesional.
Tidak seperti kebanyakan layanan keuangan yang memberikan pinjaman, Amartha menerapkan sistem yang berbeda terhadap para peminjam. Misalnya Amartha tidak menerapkan jaminan untuk pinjaman.
Misi sosial itu untuk mengurangi masyarakat pedesaan dengan kategori miskin terbebani dengan hutang yang berlebihan.
Kepada para peminjam, Amartha tidak begitu saja meninggalkan mereka. Karena ada sistem pemberdayaan masyarakat yang diterapkan Amartha kepada para borrowernya. Di mana setiap minggu Field Officer Amartha akan memberikan edukasi mengenai penggunaan dana pinjaman yang baik dan benar.
Melihat hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan bagi para calon investor yang ingin melakukan bisnis dengan modal kecil namun dengan impact sosial yang tinggi.
Jadi dari pada Anda menginvestasikan ke intrumen yang masih belum jelas arah keuntungannya tidak ada salahnya mencoba berinvestasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti yang dimiliki oleh Amartha.com
Pesan terakhir bagi para anak muda: Gunakanlah teknologi sebaik baiknya, misalnya dengan bisnis online dan investasi online. Jangan sampai salah menggunakannya karena itu hanya akan merugikan Anda sendiri.

sumber