Senin, 09 Januari 2017

Apa Saja Strategi Maxuri untuk Terus Eksis di Ranah Marketplace Barang Mewah?


1COMMENT
Street Style - Paris Fashion Week, Womenswear S/S 2015 : September 29th
Penetrasi internet di tanah air yang kian tumbuh nampaknya menjadi faktor pendorong minat masyarakat untuk berbelanja online.
 Layanan marketplace seperti Maxuri yang beroperasi di Indonesia sejak Februari 2016 lalu nampaknya masih percaya dengan potensi pasar tanah air.  Maxuri merupakan marketplace yang menyediakan berbagai pilihan barang mewah.
Andy Roberts, CEO Maxuri mengungkapkan bahwa Asia dan khususnya Indonesia akan menjadi konsumen terbesar barang-barang mewah dan layanan premium dalam kurun waktu sepuluh tahun mendatang. “Sekitar tujuh persen barang mewah dibeli online secara global di tahun 2015,” ujar Roberts.
Lebih lanjut, pihaknya memprediksi bahwa tren ini akan tumbuh hingga dua belas persen di tahun 2020 dengan nilai lebih dari US$100 miliar (sekitar Rp1,328 kuadriliun). Bahkan nantinya Indonesia juga diprediksi memiliki potensi melakukan pembelian barang mewah, sampai 44 persen.

Lakukan kurasi produk

Layanan yang memiliki basis di Singapura ini telah bekerja sama dengan sekitar 35 merchant yang datang dari lokal maupun internasional. Untuk memastikan produk yang dihadirkan adalah asli, Shopie Gorecki selaku Director & Co-founder mengungkapkan bahwa timnya akan melakukan kurasi tersendiri untuk merchant yang ingin bergabung untuk menjamin orisinalitas produk.
maxuri
Maxuri menyediakan berbagai produk mewah mulai dari tas, jam, perhiasan, otomotif, properti hingga kapal pesiar. Mereka mengklaim konsumen terbanyak di platform mereka berasal dari Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung dan Balikpapan.
Untuk bisa mendapatkan barang yang diinginkan pada layanan Maxuri, pengguna bisa langsung memilih kategori produk yang diinginkan disertai detail produk yang mencakup lokasi, merek barang serta kisaran harga. Setelah detail terpenuhi maka pengguna bisa mendapatkan pilihan barang. Jika ingin mengetahui ketersediaan produk, Maxuri menyediakan layanan informasi kontak merchant yang bisa dihubungi.
Bicara mengenai pembayaran, Maxuri menyediakan sistem rekening bersama untuk menjaga keamanan pengguna dalam menggunakan layanan.

Ragam pilihan produk dan jaminan keaslian

Terkait persaingan di ranah marketplace, Roberts mengungkapkan bahwa Maxuri menawarkan layanan berbeda. “Kami menyediakan berbagai produk mulai dari tas, otomotif hingga kapal pesiar. Hal tersebut tidak bisa didapatkan pada layanan lain. Selain itu kami juga menjamin keaslian produk,” ungkap Roberts.
Untuk target ke depan, Roberts yakin bahwa Maxuri bisa menjadi platform penyedia barang mewah secara online yang mampu memimpin pasar. Terlebih lagi melihat kebiasaan orang Indonesia yang tak ragu mengeluarkan uang untuk melakukan transaksi pembelian barang mewah.
Maxuri sendiri saat ini baru hadir dalam format web. Terkait aplikasi, pihaknya belum berencana untuk menghadirkan karena masih fokus dalam proses pengembangan layanan dan menjaring konsumen.
Selain Maxuri, terdapat pemain lainnya yang menawarkan layanan belanja barang mewah seperti Orori dan Whizliz. Namun kedua layanan tersebut hanya fokus menyediakan perhiasan.
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber Gambar: scstylecaster)

ABOUT INDAH

Penikmat senja yang berkeinginan menjadi philanthropist. Bisa dihubungi lewat indahpertiwi@techinasia atau twitter @iindahpertiwii